Langsung ke konten utama

Memberi ASI Bisa Mengurangi Tingkat Depresi pada Ibu dan Anak

(Sumber: Dailymail.co.uk)

Perempuan yang memberikan ASI kepada bayinya ternyata mereka tidak mudah stres dan depresi. Hal yang sama juga terjadi pada anak-anak mereka.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI selama 6 bulan pertama setelah melahirkan. Namun banyak ibu yang tidak memberikan ASI kepada putra dan putrinya.

“Temuan kita menunjukkan menyusui sangat menguntungkan. Bukan hanya bagi bayi yang mendapatkan keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Tapi, ibu yang menyusui juga mendapatkan dampak positif kesehatan mental,” ujar pemimpin penelitian Dr Sangshin Patk dari Universitas Brown America.

Sangshin mengungkapkan, calon ibu dan ibu hamil harus diberikan informasi mengenai keuntungan jangka panjang tentang menyusui terkait kesehatan mental, terutama depresi. Depresi, bukan hanya gangguan psikologis, tetapi juga bisa berdampak pada kesehatan fisik.

Sebanyak 1.200 ibu di atas 50 tahun ditanya tentang sejarah keluarga. Termasuk jumlah anak dan apakah mereka memberikan ASI. Mereka juga ditanya tentang kesehatan mental.

“Penurunan tingkat depresi hingga 29% bagi ibu yang pernah menyusui. Bagi ibu yang menyusui di atas 47 bulan bisa menurunkan risiko depresi hingga 67%,” ujar Sangshin.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati