Langsung ke konten utama

Perangi Hoaks, WhatsApp Mengubah Fiturnya

(Sumber: akurat.co)

Fitur "forward" untuk pesan di aplikasi WhatsApp akan dibatasi. Batasan tersebut maksimal 5 kali untuk meneruskan pesan dari satu pengguna. Tujuan batasan ini adalah mengurangi tingkat viralnya sebuah pesan atau broadcast.

"WhatsApp hari ini mengumumkan batasan limit forward untuk Indonesia dan global menjadi lima kali forward saja," kata Carl Woog Head of Public Affair WhatsApp saat konferensi pers Pemuda Memilih di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta.

Fitur ini akan didapatkan kepada pengguna mulai Senin (21 Januari 2019). Tapi aplikasi WhatsApp ini harus diupdate terlebih dahulu di Google Play Store dan App Store. Jika sudah mendapatkan diupdate, maka akan muncul notifikasi bertuliskan "Anda hanya dapat berbagai dengan hingga 5 chat".

(Sumber: ndtv.com)

Pesan berantai merupakan sumber utama dari masalah fenomena hoaks. Awalnya, fitur ini diberlakukan di India dengan batasan 5 kali forward. Sedangkan global memiliki batasan maksimal 20 kali forward.

Tetapi pihak WhatsApp melihat viralnya sebuah berita atau kabar hoaks masih terjadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, Carl dan timnya memutuskan untuk membatasi secara global maksimal 5 kali forward.

"Karena 90% pesan yang beredar adalah pesan pribadi, sisanya adalah pesan forward. Nah, pesan forward inilah yang menjadi sumber utama masalah hoaks. Jadi WhatsApp membuat batasan pengguna untuk me-forward pesan," lanjutnya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati