Langsung ke konten utama

Benarkah Diet Mediterania Adalah yang Terbaik?

Diet Mediterania (Sumber: akurat.co)

Diet Mediterania merupakan diet yang menggambarkan hidup sehat. Dalam diet tersebut kaya akan kandungan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang, selain itu ditambah sedikit daging merah. 

Dilansir dari WebMD, diet Mediterania ternyata menjadi diet terbaik, terbukti dari berita tahunan dan laporan di Amerika Serikat pada 2019. 

Pada tahun sebelumhya, untuk diet posisi teratas yaitu diet DASH (Diet Ary Approach es to Stop Hypertension). Diet ini hampir sama dengan diet Mediterania karena sama-sama menekankan mengkonsumsi buah, sayur dan lainnya.

"Ini adalah tahun pertama di mana diet Mediterania menempati peringkat pertama," kata Asisten Redaktur Pelaksana Kesehatan di berita A.S, Angela Haupt. 

Diet Nordik (Sumber: medcom.id)

Menurut Angela, yang juga hampir sama dengan diet Mediterania adalah diet Nordik. Diet Nordik juga masuk dalam peringkat karena para ahli menaruh perhatian terhadap jenis diet baru tersebut. 

Seperti diet Mediterania, diet Nordik juga menekankan gandum dan biji-bijian utuh lainnya, berry, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan. Bedanya, diet Nordik menggunakan minyak canola, sedangkan diet Mediterania merekomendasikan memakai minyak zaitun.

“Sementara itu diet DASH merupakan diet yang mengedepankan bahan nabati, dengan konsumsi daging secukupnya. Saya berpikir menggabungkan bagian dari rencana DASH dan Mediterania bertujuan untuk meningkatkan kesehatan otak,” ujar Angela.

Diet Dukan (Sumber: medicalnewstoday.com)

Kemudian ke peringkat lebih rendah, yaitu diet Dukan. Menurut Angela, diet ini rendah karena membatasi karbohidrat dan menekan protein. 

“Diet Dukan sebenarnya memiliki banyak kekuatan yaitu mempertimbangkan pemeliharaan berat badan, mengandung banyak sayuran, dan menekankan minum banyak air serta berolahraga ringan,” papar Angela.

Angela juga memberi saran agar para pelaku diet untuk melihat dan mendeskripsikan diet yang ingin diterapkan.

"Pelajari dietnya, biasakan diri, putuskan apa tujuan Anda. Lalu pilih satu yang cocok," pungkasnya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati