Langsung ke konten utama

Bukan Sekedar Penghias Makanan, Selada Punya Banyak Manfaat Lain



Daun selada, adalah satu dari sekian banyak sayuran yang menjadi penghias berbagai makanan. Dalam burger, nasi goreng, atau sebagai lalapan. Selada punya manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh, lho.

Selada sendiri merupakan sumber vitamin A dan K. Selada juga mengandung beragam nutrisi lainnya, seperti zat besi, kalium, dan kalsium. Selain itu, selada juga dapat membuat kenyang lebih lama, namun tidak membuat gemuk dikarenakan adanya 8 kalori dan 0 lemak di dalamnya.

  • Kecantikan kulit

(Sumber: popbela.com)

Selada dapat membantu untuk merawat kecantikan kulit. Adanya vitamin A dan C dalam selada membantu untuk merawat kecantikan kulit agar terlihat lebih kencang, sehat serta lembut. Dengan rutin mengonsumsi selada, dapat menjaga kelembaban kulit secara alami, karena adanya kandungan air di dalamnya.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

(Sumber: tstatic.net)

Dengan rutin mengonsumsi selada juga bisa membantu mencegah terkena penyakit umum, seperti flu dan diare. Hal tersebut dikarenakan vitamin dalam selada membantu untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri. Selain itu juga dapat meredakan infeksi, peradangan dan kerusakan sel karena adanya vitamin A.

  • Kesehatan mata



Bukan sebuah rahasia jika vitamin A baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi selada dapat membantu menjaga mata tetap sehat.

  • Mencegah tulang keropos

Ilustrasi keropos (Sumber: Google)

Mengonsumsi selada juga dapat membantu mencegah pengeroposan tulang, osteopenia atau osteoporosis. Hal ini dikarenakan selada memili kandungan yang kaya akan vitamin K dan kalsium.

  • Mencegah komplikasi kehamilan

(Sumber: hellosehat.com)

Mengonsumsi daun selada juga bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil. Adanya sumber folat yang tinggi dalam selada dapat menekan risiko kecacatan pada janin. Selain itu, selada juga dapat membantu mencegah perdarahan setelah persalinan karena adanya vitamin K yang berfungsi untuk menjaga darah ibu hamil dan janin tidak terlalu encer.

Itulah sederet manfaat dari mengonsumsi daun selada. Bukan sekedar penghias makanan, ia juga banyak manfaatnya. Jadi jangan di-skip untuk mengonsumsi sayuran ini yaa.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati