Langsung ke konten utama

Gempa Tektonik Terjadi di Gunung Sinabung Sebanyak 8 Kali

Gunung Sinabung (Sumber: tirto.id)

Pagi ini, tercatat gempa tektonik lokal sebanyak 8 kali yang mengguncang Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Pos pemantau Gunung Sinabung menyebut, gempa tektonik itu terjadi pada rentang waktu pukul 00:00 WIB hingga pukul 06:00 WIB.

"Kekuatan gempa beramplitudo 3 sampai 120 mm, S-P : 2.53-4.7 detik dan durasi 25 hingga 64 detik," kata pemantau, Armen Putra.

Kendati diguncang gempa, hal itu tidak mempengaruhi aktivitas awan panas gunung berketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut ini.

Sementara itu, status Gunung Sinabung masih terus di level IV atau Awas, meski beberapa bulan terakhir aktivitas vulkanologi gunung ini mengalami penurunan.

(Sumber: medium.com)

Kendati demikian, pos PVMBG terus mengimbau masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di radius yang telah ditentukan sebagai zona merah dan berbahaya. 

Yakni dalam radius 3 km untuk sektor Utara-Barat, 4 km untuk sektor Selatan-Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara. Kemudian dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur.

"Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat," kata Armen.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati