Langsung ke konten utama

Liburan Bareng Sahabat Bisa Memperpanjang Umur Lho!

(Sumber: Google)

Saat kamu merasa stres, tak ada salahnya keluar dari rutinitas sejenak dengan pergi berlibur sambil mengajak para sahabat. Riset membuktikan bahwa liburan bersama para sahabat sangat bagus untuk kesehatan mental sekaligus fisik.

Dilansir dari Women's Health Australia, persahabatan bisa memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan risiko penyakit jantung, bahkan membantu tubuh mengatasi rasa nyeri. Tak hanya itu, menghabiskan waktu bersama para sahabat bisa menambah jumlah oksitosin, yaitu hormon penyebab rasa bahagia yang diproduksi oleh tubuh.

"Hubungan sosial semacam ini tak hanya memberi kebahagiaan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan jangka panjang. Bahkan, pengaruhnya juga sama kuatnya dengan tidur yang cukup, pola makan bernutrisi tepat, dan tidak merokok," tulis para peneliti dari Harvard Medical School.

(Sumber: Google)

Sementara itu, riset sebelumnya membuktikan kalau mereka yang tak punya sahabat dekat punya kemungkinan lebih tinggi mengalami depresi, penurunan daya ingat, dan usia yang lebih pendek.

Dalam sebuah riset yang meneliti data dari 309 ribu orang, kurangnya hubungan sosial yang kuat meningkatkan risiko kematian dini hingga 50 persen.

"Puluhan riset menunjukkan mereka yang puas dengan hubungan keluarganya, teman-temannya, dan lingkungannya merasa lebih bahagia. Masalah kesehatan mereka pun lebih sedikit sehingga usia menjadi lebih panjang," tambah para peneliti.

Jadi, yuk bahagia bareng sahabat!


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati