Langsung ke konten utama

Riau Kembali Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan

Ilustrasi kebakaran hutan (Sumber: Google)

Satelit Terra dan Aqua mendeteksi 9 titik panas yang mengindikasikan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Berdasarkan laporan BMKG Stasiun Pekanbaru, pantauan terakhir pukul 06.00 WIB, Senin (4/2/2019), menunjukkan ada 9 titik panas (hotspot) di 3 kabupaten. Kabupaten Bengkalis dan Pelalawan masing-masing ada 4 titik, dan 1 di Indragiri Hilir.

Dari semua titik panas, 6 titik memiliki tingkat keakuratan di atas 70% sehingga bisa dipastikan merupakan kebakaran. Titik itu tersebar di Bengkalis sebanyak 4 titik dan di Pelalawan 2 titik.

Selama 3 hari terakhir, karhutla belum bisa dikendalikan di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Daerah tersebut merupakan perbatasan Dumai dengan Bengkalis.

"Kebakaran sudah hampir 3 hari. Luasnya diperkirakan sudah sampai 10 hektare," kata Anggota Masyarakat Perduli Api (MPA) dan juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Teluk Makmur, Budi.

Ia menjelaskan, lokasi kebakaran sangat jauh dari akses jalan sehingga sulit untuk dipadamkan. Titik api di lahan gambut berjarak sekitar 10 kilometer dari jalan aspal di rute Dumai-Pakning, yang hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. 

"Medan sangat sulit karena hutan yang terbakar jauh di dalam," katanya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati