Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Alergi Pada Anak

(Sumber: hellosehat.com)


Alergi merupakan sebuah respon dari sistem imun atau reaksi tubuh terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya. Masalah yang satu ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman dengan berbagai macam gejala seperti gatal, bersin, demam dan sebagainya.

Hal tersebut bisa sangat meresahkan, terutama bila terjadi pada si kecil yang akan sulit menjelaskan apa yang dirasakannya.

Pada seseorang yang memiliki alergi, tubuh akan memberikan reaksi alergi jika terpapar pemicu atau yang disebut dengan alergen. Alergen atau substansi pemicu alergi ini hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi saja.

Alergi terbagi menjadi beberapa macam, ada yang hilang di bawah 5 tahun namun ada juga yang permanen seumur hidup. Tapi belum tentu bisa kita pastikan sebuah alergi dapat bertahan atau tidak,” jelas dr. Reisa Broto Asmoro.

Menghindari alergi dari beberapa pemicunya menjadi cara terbaik agar tidak kambuh.

Talkshow Parenting 101 Cara Perawatan Bayi di Gramedia Central Park Mall, Jakarta Barat, Sabtu (9/3/2019) (Sumber: akurat.co)

“Tidak ada cara untuk menghilangkan alergi, apalagi jika alergi tersebut adalah bawaan genetik. Yang bisa kita lakukan hanyalah mengurangi paparannya. Seperti contoh kalau alergi debu, ya hindari paparan debu. Tapi seiring bertambahnya umur anak, kekebalan tubuhnya pun akan semakin meningkat. Hal ini memungkinkan sang anak lebih tahan terhadap alergi yang dimilikinya," tambahnya.

Lebih lanjut dr. Reisa mengatakan, menjalankan aktivitas fisik seperti olahraga mampu mencegah datangnya alergi.

“Ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan rajin berolahraga terutama berenang, maka bisa meningkatkan daya tahan terhadap alergi. Namun cara ini hanya bisa berlaku pada anak yang menderita alergi pada paru-paru seperti debu, bersin-bersin, dan lain-lain," tutupnya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati