Langsung ke konten utama

Rambut Rontok Pada Wanita Disebabkan Hal Berikut, Ladies

Kerontokan rambut biasa terjadi pada wanita. Ada banyak alasan mengapa wanita mengalami kerontokan rambut. Mulai dari kondisi medis hingga perubahan hormon dan stres yang mungkin menjadi penyebab utamanya. 

Kerontokan rambut dapat terjadi dengan berbagai cara tergantung pada penyebabnya. Kamu mungkin melihat kerontokan rambut mendadak atau penipisan bertahap dari waktu ke waktu.

Kalau kamu mendapati rambut rontok secara tiba-tiba, jangan panik dulu, kenali penyebabnya berikut ini.

  • Penipisan bertahap

(Sumber: Google)

Penipisan bertahap di bagian atas kepala yang merupakan jenis kerontokan rambut yang paling umum. Ini mempengaruhi pria dan wanita. Sementara pria cenderung melihat garis rambut surut, wanita umumnya melihat bahwa bagian kepala mereka melebar.

  • Penipisan keseluruhan

Kamu mungkin mengalami kerontokan rambut yang sangat tiba-tiba, terutama setelah trauma emosional atau fisik. Rambut mungkin keluar dengan cepat saat kamu mencuci atau menyisirnya, yang menyebabkan penipisan keseluruhan.

  • Stres

(Sumber: Google)

Jika kamu berada di bawah tekanan emosional atau fisik, itu bisa menyebabkan rambut rontok. Hal-hal seperti kematian dalam keluarga, operasi besar, atau penyakit serius dapat menyebabkan tubuh menutup proses tertentu seperti produksi rambut.

Tapi kalau kamu mengalami rambut yang lebih tipis, pertimbangkan berbagai peristiwa atau situasi dalam hidup yang mungkin telah membuat stres. Rambut rontok karena stres umumnya bersifat sementara. Rambut mungkin mulai tumbuh lagi setelah keadaan berlalu dan folikel mulai memproduksi lagi.

  • Pasca melahirkan


Penyebab paling umum dari kerontokan rambut disebut telogen effluvium (TE). Ini hanya sementara dan terjadi ketika ada perubahan dalam jumlah folikel yang menumbuhkan rambut dan dalam kondisi istirahat.

(Sumber: Google)

Sebagai contoh, wanita mungkin kehilangan rambut pada bulan-bulan setelah melahirkan atau peristiwa stres lainnya. Kamu bisa mengidentifikasi rambut rontok TE dengan melihat untaiannya. 

Rambut telogen memiliki umbi keratin di akarnya. TE umumnya disebabkan oleh apapun yang dapat mengejutkan tubuh dan mengganggu siklus hidup rambut. Mungkin ada penundaan yang cukup lama hingga 3 bulan sebelum kamu memperhatikan efek dari perubahan tersebut.

  • Kekurangan vitamin B

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu juga dapat menyebabkan rambut menipis atau rambut rontok. Beberapa ahli kulit percaya bahwa tidak makan daging merah yang cukup atau mengikuti diet vegetarian dapat memengaruhi kerontokan rambut.

(Sumber: Google)

Daging merah dan makanan hewani lainnya kaya akan zat besi, mineral yang mendukung pertumbuhan rambut dan tubuh. Wanita sudah cenderung kekurangan zat besi karena kehilangan darah selama menstruasi, jadi tidak mengonsumsi cukup zat besi dalam makanan dapat menyebabkan kekurangan zat besi.

Gangguan makan, seperti anoreksia nervosa, juga dapat menyebabkan defisiensi vitamin dan penipisan rambut. Secara khusus, defisiensi yang diduga mempengaruhi rambut termasuk pada seng, asam amino L-lisin, B-6, dan B-12.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati