Langsung ke konten utama

Benarkah Kopi Bisa Sebabkan Penyakit Jantung?

(Sumber: mldspot.com)

Minum kopi sudah jadi budaya bagi orang Indonesia. Katanya, ada yang kurang kalau belum ngopi. Namun, mengonsumsi kopi setiap hari juga dikhawatirkan akan berdampak terhadap kesehatan. Beberapa kabar beredar bahwa minum kopi bisa memicu beberapa penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Benarkah itu? dr. Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), akan menjelaskannya.

"Studi paling baru menyebutkan bahwa kopi tidak terkait dengan penyakit jantung. Jadi artinya, pada mereka yang tidak pernah ada riwayat jantung, sebetulnya aman saja konsumsi kopi setiap hari dalam jumlah sewajarnya," katanya.

Mereka yang memiliki penyakit jantung dan mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk menjaga irama jantung, dapat berisiko terjadinya gangguan irama jantung jika konsentrasi kafein terlalu banyak.

dr. Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K) (Sumber: akurat.co)

"Kalau seseorang sehabis minum kopi merasakan jantung lebih berdebar, itu hanya salah satu efek dari kafein yaitu dapat meningkatkan irama jantung. Yang menjadi masalah, biasanya orang konsumsi kopi dengan tambahan gula, susu, itu yang harus diperhatikan," jelasnya.

Ia menyebut, penambahan tersebut membuat kopi menjadi tinggi kalori; lemaknya tinggi, gulanya pun tinggi. Jadi kalau dikonsumsi rutin setiap hari dan berlebih, akan bisa meningkatkan berat badan hingga obesitas. 

Jika sudah obesitas, dapat merambat memanggil penyakit kronis lainnya. Artinya bukan kafeinnya, tapi penyerta kafeinnya.

Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati