Langsung ke konten utama

Mudahnya Membuat Bir Pletok di Rumah

(Sumber: bukalapak.com)

DKI Jakarta memiliki ragam kuliner yang sangat unik, salah satunya bir pletok. Bir ini tidak dibuat menggunakan alkohol melainkan beberapa rempah alami sebagai bahannya.

Memiliki rasa pedas karena campuran rempah-rempah, minuman ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Jakarta, terutama di Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan.

Ternyata pembuatan bir pletok tak sulit. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Chef Chairul Salim dari STP Trisakti saat menjadi juri lomba pembuatan bir pletok, dalam rangka HUT DKI Jakarta.

"Hanya siapkan air dan alat masak biasa. Dengan menyiapkan beberapa bahan rempah-rempah seperti jahe, lada hitam, kapulaga, kayu manis kemudian direbus berbarengan dengan air," katanya.

Chef Chairul Salim dari STP Trisakti (Sumber: akurat.co)

Lanjut Chef Chairul, untuk waktu pemasakannya tak memerlukan waktu yang lama. Asal titik rebus air dan rempah-rempah mencapai 170 derajat Celcius dengan durasi 20-30 menit, sudah cukup.

"Harus panas, 170 derajat. Itu tidak lama, paling 20-30 menit sudah jadi," lanjutnya.

Setelah merebus, ampas lalu disaring; dipisahkan dengan air rebusannya. Lalu, tempat penyimpanan juga harus dipikirkan agar minuman ini bertahan lebih lama, bahkan bisa berbulan-bulan.

"Saring dahulu sebelum dikonsumsi. Penyimpanan juga harus terjaga dengan menyimpan di kulkas kalau mau bertahan lebih lama," tandasnya.

Mudah sekali kan? Jadi kita bisa membuatnya sendiri di rumah.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati