Langsung ke konten utama

Trump Minta Putin Untuk Tidak Intervensi Pemilu AS 2020

Donald Trump bersama Vladimir Putin (Sumber: alinea.id)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memerintahkan Presiden Rusia Vladimir Putin agar tak mencampuri Pemilu AS setelah ada tuduhan Moskow mengintervensi kampanye Pemilu 2016.

Keduanya saling melontarkan pernyataan singkat pada Jumat (28/6) menjelang pertemuan di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang. Saat itu seorang jurnalis bertanya pada Trump tentang peringatan pada Putin agar tak mencampuri Pemilu AS 2020.

Trump menjawab pertanyaan jurnalis itu, “Ya, tentu saya akan melakukannya,” dan Putin pun tertawa mendengar komentar Trump.

Presiden AS kemudian melihat Putin untuk memberinya arahan 2 kali saat dia mengacungkan jari pada Putin, “Jangan campuri pemilu, tolong,” kata Trump.

Ini pertama kalinya Trump dan Putin secara resmi bertemu langsung sejak KTT kontroversial di Helsinki pada Juli lalu. Para pengkritik Trump menuduhnya terlalu berteman dengan Putin dan gagal secara terbuka menentang Presiden Rusia itu terkait tuduhan mencampuri pemilu.

Berdasarkan laporan Penasihat Khusus AS, Robert Mueller yang dirilis April, tidak menyebutkan konspirasi kriminal antara orang-orang dekat Trump dan Kremlin untuk memengaruhi hasil pemilu.

Trump juga menyatakan bahwa dia sangat menikmati hubungan sangat baik dengan Putin. 

Para pemimpin negara dalam acara KTT G20 di Osaka, Jepang (Sumber: hurimg.com)

“Banyak hal positif muncul dari hubungan itu,” kata Trump, dilansir Al Jazeera.

Dia menyatakan masalah perdagangan dan pelucutan senjata menjadi isu yang dibahas kedua pemimpin negara. Pertemuan dengan Putin itu menjadi bagian dari agenda utama Trump di KTT G20 Osaka. Berbagai isu penting dalam KTT itu adalah berbagai negosiasi tentang krisis internasional, perang dagang, dan lainnya.

Dalam upaya mencairkan suasana, Trump mencari kesamaan dengan Putin di depan para jurnalis yang berkumpul.

“Singkirkan mereka. Berita palsu adalah hal besar, bukan? Anda tidak memiliki masalah ini di Rusia tapi kami ada,” kata Trump.

Putin merespons dalam bahasa Inggris, “Kami juga memilikinya. Ini sama.”

Sebelum berbicara dengan Putin, Trump menyatakan ingin memiliki percakapan bagus dengan Putin, tapi Trump mengatakan pada para jurnalis, “Apa yang saya katakan pada dia itu bukan urusan kalian.”


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati