Langsung ke konten utama

Misi Antariksa yang Pertama Kalinya Bagi India

Peluncuran Chandrayaan-2 (Sumber: Engadget)

Hambatan teknis selama satu minggu memaksa Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) menunda peluncuran Chandrayaan-2. Setelah semua telah kembali seperti biasa dan berjalan dengan baik, ini akan menjadi pendaratan pertama di bulan bagi India.

Pada misi yang bersejarah ini, India menggunakan teknologinya sendiri. Selain pertama kalinya untuk India, misi ini juga akan menjadi upaya pendaratan pertama di Kutub Selatan bulan.

Keputusan  untuk menunda peluncuran tersebut dibuat hanya 1 jam sebelum Chandrayaan-2 dijadwalkan lepas landas pada 15 Juli lalu. Organisasi itu mengatakan bahwa itu adalah suatu tindakan pencegahan. 

Ketua ISRO, Dr. K Sivan (Sumber: India Today)

Ketua ISRO, Dr. K Sivan, menyebut Tim ISRO bekerja memperbaiki masalah dalam waktu 24 jam. Diperlukan tes untuk memastikan bahwa koreksi yang dilakukan sudah tepat dan menuju arah yang benar.

Chandrayaan-2 sendiri dijadwalkan akan menghabiskan 23 hari di orbit bumi sebelum mulai bermanuver menuju pendaratan di bulan. Chandrayaan-2 diharapkan mendarat di permukaan bulan pada 7 September.

Sesampainya di sana; penjelajah Pragyan akan mempelajari kimia, seismografi, dan topografi. Hal ini juga akan memberi program ruang angkasa India yang berencana untuk meluncurkan stasiun ruang angkasa pada tahun 2030 mendatang.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati