Langsung ke konten utama

Arab Izinkan Wanita Pergi Tanpa Wali

(Sumber: bbci.co.uk)

Arab Saudi mengeluarkan dekret yang mengizinkan wanita untuk bepergian ke luar negeri tanpa wali. Pangeran Arab Saudi, Mohammad bin Salman, telah melonggarkan pembatasan di negara itu .

Di bawah aturan baru yang diumumkan pada hari Jumat (2/8), wanita di atas usia 21 tahun dapat mengajukan paspor tanpa izin dari wali pria. Keputusan kerajaan juga memberikan perempuan hak untuk mendaftarkan kelahiran anak, perkawinan, atau perceraian.

Pada tahun 2016, ia meluncurkan Visi Saudi 2030 yakni rencana untuk mengubah ekonomi pada tahun 2030. Dengan tujuan meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja.

(Sumber: 365dm.com)

Meski begitu, terdapat beberapa kasus di mana perempuan Arab Saudi kabur mencari suaka ke negara-negara seperti Kanada. Alasannya adalah karena kekerasan yang mereka alami di Arab Saudi.

Pada bulan Januari, Kanada memberikan suaka kepada Rahaf Mohammed al-Qunun yang berusia 18 tahun. Dia melarikan diri dari Arab Saudi dan mencoba melarikan diri ke Australia. Rahaf berakhir dalam pertikaian di kamar hotel bandara di ibu kota Thailand, Bangkok, tempat dia memohon bantuan internasional.

Kelompok-kelompok hak asasi internasional sampai saat ini kerap mengklaim bahwa perempuan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua di Arab Saudi.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati