Langsung ke konten utama

Menteri ATR Tepis Kabar Soal Lahan di Ibu Kota Baru Milik 2 Nama Ini

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil (Sumber: portalsatu.com)

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil, menepis kabar bahwa tanah di lokasi ibu kota baru dikuasai oleh adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, serta Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. 

Dia mengatakan di lokasi tersebut hanya ada Hutan Tanaman Industri (HTI) yang tidak pernah dimiliki oleh 2 nama tersebut.

"Sepanjang yang saya tahu, tidak ada yang disebutkan nama tersebut. Bahwa ada HTI yang akan kena itu iya, tapi bukan milik yang disebutkan tadi," kata Sofyan.

Sofyan juga menjelaskan bahwa data kepemilikan tanah baru akan diproses Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) oleh pemerintah. Ia juga mengatakan, sejauh ini dia optimis tanah di Kalimantan Timur mayoritas dimiliki negara.

(Sumber: dream.co.id)

“Tim kita di lapangan sedang melakukan IP4T. Itu kalau IP4T sudah selesai kita akan tahu, dari indikasi awal IP4T itu lebih dari 90% adalah tanah negara," katanya.

Pemerintah sudah menyiapkan lahan seluas 180.000 hektare (Ha) untuk lokasi pemindahan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Pembangunan kawasan ibu kota akan dimulai dengan luas lahan sekitar 3.000 sampai 4.000 Ha.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo, sebelumnya  mengakui bahwa Prabowo Subianto dan Hashim Djojohadikusumo memiliki lahan di 2 kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur. Namun Edhy mengaku tidak mengetahui secara detail keberadaan lokasi lahan-lahan tersebut. 

"Ada sebagian, kita tidak tahu detailnya di mana-mana (saja). Peta lokasinya belum tahu, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Memang ada lahan kita di Penajam Paser Utara tetapi tidak tahu eksplisit spesifiknya di mana," kata Edhy.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati