Langsung ke konten utama

Senin Siang, Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru

(Sumber: detik.com)

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan wilayah calon ibu kota baru pada Senin (26/8) siang. Akun YouTube resmi Sekretariat Presiden juga mengunggah video trailer rencana pengumuman ibu kota baru.

Jokowi dijadwalkan akan menggelar konferensi pers terkait pemindahan ibu kota negara. Rencananya, konferensi pers akan digelar di Istana Negara Senin siang, pada pukul 13.00 WIB, menurut deskripsi video yang berjudul "Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru".

Dalam video yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden, disematkan beberapa petikan pernyataan Jokowi soal ibu kota baru. Termasuk saat Jokowi meminta izin akan memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan saat pidato kenegaraan di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jumat (16/08).

Dalam video tersebut ada pula aktivitas Jokowi yang meninjau beberapa lokasi di Kalimantan yang akan jadi ibu kota baru.

(Sumber: antaranews.com)

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil; memastikan ibu kota negara akan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur.

"Kalimantan Timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum," kata Sofyan, pekan lalu.

Sofyan menegaskan, pengadaan lahan untuk kebutuhan ibu kota masih menunggu pengumuman resmi lokasi pasti ibu kota baru oleh Presiden.

Ia memastikan kebutuhan lahan ibu kota baru untuk tahap pertama memerlukan tanah seluas 3.000 hektare yang akan dimanfaatkan guna pembangunan kantor pemerintahan.

"Setelah itu luas perluasannya bisa 200-300 ribu hektare. Sehingga bisa bikin kota dengan taman kota yang indah, banyak tamannya, orang bisa hidup sehat dan udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi," kata Sofyan.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati