Langsung ke konten utama

Zakir Naik Minta Maaf Atas Pernyataannya di Malaysia

Zakir Naik (Sumber: thestar.com.my)

Ulama India, Zakir Naik, meminta maaf atas pernyataannya terkait ras di Malaysia. Permintaan maaf itu dilontarkan sehari setelah dia diperiksa oleh kepolisian atas komentarnya yang mengundang kontroversi.

Zakir menghadapi tuduhan pencucian uang dan ujaran kebencian di India. Dia pun menjadi sasaran kritik atas berbagai komentar yang dianggap menyinggung minoritas etnik dan agama di Malaysia.

“Tidak pernah menjadi niat saya untuk mengganggu orang lain atau komunitas lain,” ujarnya dalam pernyataannya, dilansir Al Jazeera.

Ia menambahkan, “Ini bertentangan dengan ajaran dasar Islam dan saya akan dengan rendah hati meminta maaf atas kesalahpahaman ini.”

Meski begitu, kepolisian Malaysia menyatakan Zakir dilarang berceramah di Malaysia, menurut surat kabar The Star.

(Sumber: beritasatu.com)

Kepolisian Malaysia telah menginterogasi Zakir selama 10 jam pada Senin (19/8) tentang ceramahnya pada awal bulan ini saat ia mengatakan pemeluk Hindu di Malaysia memiliki 100 kali hak lebih banyak dibandingkan minoritas Muslim di India dan China Malaysia adalah tamu di Malaysia.

Beberapa menteri kabinet Malaysia bereaksi keras atas pernyataan Zakir yang memiliki status permanen residensi di Malaysia dan telah tinggal di sana selama 3 tahun. Para menteri itu meminta pemerintah mengekstradisi Zakir dari Malaysia.

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, juga menyatakan Zakir sudah melewati batas. 

Zakir dapat berceramah tapi tidak tidak bisa. Dia bicara tentang mengirim etnik China kembali ke China, etnik India kembali ke India. Itu bagi saya langkah politik,” tutur Mahathir, dikutip kantor berita Bernama.

Isu ras dan agama sangat sensitif di Malaysia, tempat 60% mayoritas Muslim dari total 32 juta warganya. Sisanya adalah etnik China dan India yang sebagian besar menganut Hindu.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati