Langsung ke konten utama

7 Tuntutan Masyarakat Papua Terhadap Pemerintah

Presiden RI, Joko Widodo (Sumber: dw.com)

Pengamat politik Exposit Strategic, Arif Susanto; menilai kehadiran Presiden Joko Widodo di Papua dapat meredakan ketegangan dan konflik yang terjadi. Sebab, hal itu dapat mencerminkan bahwa pemerintah mempunyai komitmen untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Di samping itu, Arif menilai, kedatangan Jokowi ke Papua untuk menyelesaikan persoalan juga merupakan simbol dalam sistem presidensial.

"Meskipun tentu tidak fair kalau semua persoalan dibebankan kepada Presiden, tetapi sebagai simbol bahwa pemerintah punya komitmen untuk selesaikan problem di Papua, akan sangat bagus kalau Presiden sendiri datang ke Papua," katanya.

(Sumber: CNN Indonesia)

Namun demikian, dia menyarankan agar komitmen tersebut bukan sekedar simbolik belaka. Pasalnya, akar persoalan tidak hanya disebabkan ujaran rasialisme saja.

"Tetapi adanya problem ketidakadilan selama puluhan tahun yang dialami oleh kawan-kawan kita di Papua," ucap Arif.

Diberitakan sebelumnya, Anggota DPD Papua terpilih, Yorrys Raweyai mendesak Presiden Jokowi untuk segera datang dan berdialog langsung dengan masyarakat Papua untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Dikatakan Yorrys, setidaknya terdapat 7 desakan masyarakat Papua terhadap situasi saat ini.

Yorrys Raweyai (Sumber: indowarta.com)

Pertama, pemerintah dapat memulangkan mahasiswa Papua dari tanah Jawa ke kampung halaman. Kedua, Presiden Jokowi mewakili bangsa Indonesia meminta maaf kepada rakyat Papua.

Ketiga, pemerintah membubarkan ormas Banser dari Republik Indonesia. Keempat, meminta Presiden Jokowi menarik militer organik dan non-organik dari bumi cendrawasih.

Kelima, meminta Presiden Jokowi untuk memecat aparat keamanan yang mengeluarkan perkataan kasar kepada mahasiswa Papua. Keenam, meminta Presiden Jokowi memberikan kebebasan bagi Papua untuk menentukan nasib sendiri.

Ketujuh, apabila pemerintah Indonesia tidak mengindahkan pernyataan, maka akan tuntutan lain yang akan diajukan masyarakat Papua.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati