Langsung ke konten utama

Jack Ma Akan Mundur dari Jabatannya Sebagai Chairman Alibaba

Jack Ma (Sumber: detik.com)

Pemimpin raksasa teknologi Tiongkok, Jack Ma akan berhenti menjabat sebagai Chairman Alibaba mulai Selasa (10/9). Serah terima diadakan pada 10 September 2019, dengan sebagian besar akan bersifat simbolis.

Ma akan tetap ada di dewan sebagai penasihat, hingga masa jabatannya berakhir pada tahun 2020. 

Sang miliarder telah menghabiskan bertahun-tahun dalam merawat generasi pemimpin Alibaba berikutnya; termasuk penerusnya, Daniel Zhang dan Kepala Keuangan, Maggie Wu, untuk mengambil alih.

Perombakan manajemen pada bulan Juni 2019 menjadi salah satu pembuat keputusan terbaik di dunia. Berhentinya Jack Ma yang berusia 55 tahun tepat pada hari ulang tahunnya, mengantar era baru teknologi Tiongkok yang kini dalam ketidakpastian. Beijing saat ini tengah mempererat cengkramannya dengan sesama bos.

Daniel Zhang (Sumber: tallypress.com)

Sama halnya dengan Pony Ma, Tencent, yang juga harus bergulat dengan ekonomi yang melambat. Robin Li yang bertanggung jawab atas mesin pencari teratas Tiongkok, Baidu, telah melihat kapitalisasi pasar perusahaannya berkurang separuh selama setahun terakhir karena kesalahan langkah strategis.

Begitu pula grup video game Tencent, yang sepertinya tidak bisa menghindari gejolak atas divisi streaming musiknya yang saat ini menghadapi pengawasan anti trust.

Ma sendiri relatif tidak membawa Alibaba kepada situasi kritis.

Alibaba, yang mengumumkan rencana suksesi pemberhentian pada 10 September 2018 lalu mengatakan bahwa Ma adalah "mitra seumur hidup". Kemitraan ini terdiri dari 36 individu dan memiliki hak mayoritas untuk mencalonkan direktur perusahaan.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati