Langsung ke konten utama

Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dibanding Pria

(Sumber: tempo.co)

Pria dan wanita memiliki kebutuhan tubuh yang berbeda. Kebutuhan tersebut termasuk kebutuhan fisik, pemenuhan emosional, hingga keuangan. Mereka berbeda dalam setiap aspek.

Tubuh wanita membutuhkan lebih banyak istirahat daripada pria. Sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita lebih rentan terhadap masalah tidur, depresi, insomnia dan masalah mental lainnya. Akibatnya, pikiran wanita membutuhkan istirahat tambahan daripada pria.

Bukan hanya berdasarkan jenis kelamin, tetapi kelompok umur juga menyebabkan fluktuasi jam tidur. Anak-anak perlu tidur selama sekitar 10 jam untuk memberi istirahat pada pikiran mereka dari tekanan belajar yang konstan. Sedangkan wanita paruh baya rata-rata perlu tidur selama 7-9 jam. 

Berikut alasan mengapa seorang wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria.
  • Jadwal sibuk

(Sumber: hipwee.com)

Wanita memiliki jadwal yang lebih sibuk daripada pria. Bukan hanya mengelola pekerjaan rumah tangga, tapi kehidupan profesional juga. Akibatnya, wanita bekerja sehari penuh untuk keluarga. 

Bahkan, ketika seorang wanita berbaring untuk tidur, dia memiliki jutaan hal yang terus-menerus ada dalam pikirannya. Ini membuatnya lelah baik secara fisik maupun mental. Karena itu, wanita membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria.
  • Perubahan hormon
(Sumber: merdeka.com)

Ketika datang ke perubahan hormon, wanita adalah penderita hebat. Mulai dari pubertas, kehamilan, hingga melahirkan dan menopause. Seorang wanita mengalami banyak perubahan hormon. 

Selain itu, wanita memiliki banyak perubahan hormon yang berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Ini membuat otak dan tubuh wanita lelah. Akibatnya, tubuh menuntut lebih banyak tidur.
  • Perlu istirahat
(Sumber: sindonews.net)

Wanita dibandingkan dengan pria, hampir tidak bisa beristirahat. Kita semua tahu, tidak ada wanita yang cuti bahkan pada hari Minggu. Dia melayani keluarganya atau melakukan pekerjaannya. Ketika tidak beristirahat, wanita layak mendapat tidur tambahan.
  • Kurang tidur menyebabkan bertambahnya berat badan
(Sumber: hellosehat.com)

Kurang tidur sering menyebabkan kenaikan berat badan. Para wanita yang tidak bisa tidur nyenyak atau terganggu tidurnya, memiliki kecenderungan untuk bertambah berat badan. Sebagian besar wanita gemuk mengalami kesulitan tidur dan karenanya siklus tidur mereka terganggu. Bahkan menyebabkan depresi karena tingkat kortisol yang tinggi dalam tubuh dan membuat gemuk atau kelebihan berat badan.
  • Multitasking
(Sumber: grid.id)

Wanita adalah multitasker. Mereka melakukan banyak hal sekaligus. Dengan demikian, jelas bahwa wanita kehilangan lebih banyak energi daripada manusia. Otak wanita bekerja terus-menerus yang menghabiskan energi. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita perlu tidur lebih banyak daripada pria untuk tambahan 20 menit.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati