Langsung ke konten utama

Tahukah Kamu Bedanya Psikolog dan Psikiater?

(Sumber: hellosehat.com)

Kita tahu bahwa psikolog dan psikiater merupakan orang yang bekerja di bidang yang menanggulangi mental dan masalah kejiwaan.

Tapi, kedua pekerjaan tersebut itu berbeda dan mempunyai tanggung jawabnya masing-masing dalam menanggulangi pasien. Menurut Liza Marielly Djaprie, M.Psi, CH, kedua pekerjaan tersebut berbeda secara teori.

Psikiater, merupakan lulusan kedokteran di mana sehabis lulus, mereka mengambil spesialis psikiatri.  

"Mereka punya kemampuan untuk meramu dan meresepkan obat. Cara menyembuhkan pasiennya dengan cara holistik dan memberikan obat," katanya.

Sementara, psikolog adalah mereka yang lebih menanggulangi dengan cara memberikan solusi, kemudian mengajak terapi hingga mengobrol bersama dan memberikan sebuah pekerjaan rumah yang harus pasien lakukan.

(Sumber: Google)

"Mereka lulusan psikolog yang membantu proses penyembuhan dengan memberikan terapi ataupun konseling," jelasnya.

Lalu, bagaimana seseorang bisa tahu bahwa dirinya harus ke psikiater terlebih dulu atau ke psikolog?

Jadi begini, ketika seseorang stres karena mungkin sehabis diputus pacar atau masalah pekerjaan, sebenarnya bisa diatasi dengan ikut konseling ataupun terapi.

Tapi, jika efek buruk tersebut berlanjut sampai pada titik di mana ia tidak bisa tidur, tidak makan sampai berhari-hari, seseorang ini butuh yang namanya pertolongan lain, yaitu pergi ke psikiater

"Nanti di sana psikiater tersebut akan memberikan solusi atau, bahkan memberikan obat. Biasanya, seseorang tersebut yang diharuskan lebih peka dan memberikan penilaian terhadap diri. Mana yang perlu harus dibawa ke psikiater atau ke psikolog," tukasnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati