Langsung ke konten utama

Wanita Lebih Mudah Stres Dibanding Pria

(Sumber: popbela.com)

Stres menjadi sebuah permasalahan pikiran yang bisa menimpa siapapun, pria maupun wanita. Tapi tahukah kamu, bahwa stres lebih mudah menimpa seorang wanita 3 kali lipat dibanding pria?

Disampaikan oleh Pakar Ilmu Sosial, Budaya dan Komunikasi, Dr. Devie Rachmawati, S.Sos, M. Hum., CPR, bahwa perempuan-perempuan dunia pada umumnya menjadi lebih depresi dibandingkan laki-laki. Angkanya 3 kali lipat lebih tinggi.

Ia menjelaskan, 3 faktor yang mempengaruhi seorang wanita lebih rentan stres; yakni biologis, psikologis, dan sosiologis.

(Sumber: Google)

"Faktor biologis, kenapa kalau bicara remaja, menstruasi biasanya terjadi pada usia SMP SMA. Sekarang bukan hal yang baru, anak kelas 1-2 SD sudah semakin dini mengalami pubertas. Gangguan hormonal, dinamika hormonal ini menjadi salah satu tantangan. Secara internal, perempuan jadi lebih jauh lebih stres, lebih mudah rentan," jelasnya.

Terkait faktor psikologis, anak-anak zaman sekarang banyak yang menjadi 'zombie' digital karena mereka hidup tanpa tahu tujuan.

"Karena hidup mereka menjadi bergantung pada validitas sosial. Setiap hari terobsesi untuk bisa dapat likes sebanyak-banyaknya. Jadi tidak fokus memberdayakan diri," jelasnya.

(Sumber: grid.id)

Untuk faktor sosiologis, Devie memandang bahwa nilai-nilai yang dipegang oleh remaja saat ini masih merupakan nilai-nilai konvensional yang cenderung fokus pada penampilan dirinya.

"Masih berpikiran pada mitos bahwa perempuan itu hanya dihargai oleh casing-nya saja, appearance-nya saja. Ini yang menyebabkan generasi sekarang dan generasi di bawahnya lagi, sibuk tampil dengan casing terbaik. Dia sibuk dengan kekerenannya. Kehadiran media sosial membuat mereka semakin sering membandingkan diri dengan orang lain," tutupnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati