Langsung ke konten utama

5 Tips Menyikapi Perselisihan di Kantor

(Sumber: qerja.com)

Konflik merupakan hal yang wajar dalam lingkungan pekerjaan. Perbedaan pendapat bahkan bisa memicu berbagai ide baru yang bermanfaat bagi perusahaan. Tetapi, terkadang konflik tersebut menimbulkan berbagai perselisihan dalam lingkungan kerja.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips untuk menghadapi berbagai konflik yang muncul dalam lingkungan kerja.

Bersikap rasional

(Sumber: liputan6.com)

Banyak orang yang berselisih akan sulit untuk menemukan jalan keluar. Mereka tak kunjung menemukan akar masalah dari perselisihan yang terjadi. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya pikiran logis yang tertutup oleh emosi dan prasangka. Padahal, emosi dan prasangka tersebut tidak lagi beralasan.

Jadi, tetaplah berpikir rasional berdasarkan fakta yang ada.

Jangan bertele-tele

(Sumber: Moose)

Berpikir rasional juga harus diimbangi dengan fokus untuk selalu bertujuan memecahkan masalah. Mengetahui siapa yang salah hanya akan memperkeruh suasana. Selain itu, waktu yang dibutuhkan juga akan lebih lama. 

Lebih baik, cari akar masalahnya, lalu fokus pada penyelesaian masalahnya. Selain itu, jangan hubungkan hal-hal lain yang tidak memiliki hubungan dengan masalah tersebut. Juga jangan melebarkan topik permasalahannya.

Berpikir sebagai pihak lain

(Sumber: Unsplash)

Selalu berpikir dengan sudut pandang lain. Dengan begitu, kamu juga bisa merasakan hal apa yang sebenarnya dirasakan oleh orang lain yang sedang berkonflik denganmu. Kamu juga jadi bisa menemukan akar permasalahan yang sedang terjadi.

Untuk berpikir dengan menempatkan diri di pihak lain, diperlukan diskusi yang cukup panjang. Meskipun begitu, dalam dirimu akan tumbuh empati dan rasa hormat kepada orang tersebut.

Katakan yang sebenarnya

(Sumber: ytimg.com)

Dalam mencari akar permasalahan, data dan fakta haruslah jelas tanpa ada yang perlu ditutupi. Sampaikan apa sebenarnya kesalahan yang telah kamu perbuat.

Mengawali pengakuan kesalahan akan mempermudah pemecahan masalah. Selain itu, dengan mengakui kesalahan, pihak lain juga bisa saja akhirnya mengakui kesalahan yang telah diperbuat.

Bicarakan baik-baik

(Sumber: rd.com)

Mendiskusikan dan membicarakan berbagai permasalahan yang ada memang menjadi solusi yang paling jitu. Tapi, tentu haruslah melakukan berbagai langkah di atas sebelumnya. Jika memang belum bisa selesai, maka kamu perlu mengundang pihak ketiga yang bersifat netral sebagai penengah.

Konflik di kantor memang bisa menyebabkan banyak hal buruk. Tidak hanya bagi karyawan dan lingkungan kerja, tapi juga pada produktivitas perusahaan.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati