Langsung ke konten utama

Abdallah Chatila Sumbangkan Barang Hitler ke Israel

Adolf Hitler (Sumber: stepcdn.com)

Seorang pengusaha asal Lebanon bernama Abdallah Chatila menyumbangkan barang-barang peninggalan Hitler ke sebuah organisasi penggalangan dana Israel, Karen Hayesod.

Ia menghabiskan setidaknya 600.000 euro (Rp 9,3 juta) untuk 10 barang yang dilelang oleh Hermann Historica, sebuah rumah lelang di Kota Munich.

Barang-barang tersebut dibelinya dari sebuah lelang kontroversial di Jerman. Chatila memutuskan membeli barang-barang itu agar tidak jatuh ke tangan orang lain dan digunakan untuk propaganda Neo-Nazi.

Barang-barang yang ia beli di antaranya adalah buku Mein Kampf bersampul perak, kotak rokok, mesin tik, dan topi.

Abdallah Chatila (Sumber: bilan.ch)

"Populisme sayap kanan dan anti-Semitisme menyebar di seluruh Eropa dan dunia. Saya tidak ingin benda-benda ini jatuh ke tangan yang salah dan digunakan oleh orang-orang dengan niat tidak baik," kata Chatila, dilansir dari BBC.

Tindakannya dipuji oleh kelompok-kelompok Yahudi, termasuk Asosiasi Yahudi Eropa (EJA), yang mengatakan barang-barang lelang memiliki nilai sejarah yang kecil dan akan dibeli oleh orang-orang yang memuja Nazisme.

"Di dunia yang sinis, tindakan kebaikan, kemurahan hati, dan solidaritas ini begitu mulia," kata Rabbi Menachem Margolin.

(Sumber: hwcdn.net)

Dia juga mengatakan Chatila akan bergabung dengan kunjungan 100 anggota parlemen Eropa ke lokasi kamp kematian Perang Dunia Kedua Auschwitz pada Januari tahun depan di mana dia akan menerima penghargaan.

Lelang ini menampilkan 147 item khusus yang terkait dengan Nazi Jerman, lebih dari 800 koleksi sejarah Jerman sejak 1919.

Hermann Historica mengatakan mayoritas pembelinya adalah museum, negara, dan kolektor pribadi, dan langkah-langkah telah diambil untuk mencegah barang-barang jatuh ke tangan yang salah.

Chatila adalah pengusaha yang saat ini tinggal di Swiss dan termasuk 300 orang terkaya di negara tersebut.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati