Langsung ke konten utama

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Ini Skill yang Kalian Butuhkan

(Sumber: priangan.org)

Era Industri 4.0 memberikan tantangan tersendiri bagi yang ingin berkarir di industri teknologi. Mereka dituntut untuk memiliki kemampuan yang mumpuni, kreatif, hingga jaringan yang luas. 

Perusahaan teknologi penyedia platform konten operator seluler Forest Interactive, berpendapat bahwa robot tidak akan bisa menggantikan tenaga manusia secara keseluruhan di era revolusi industri 4.0. Namun, hal tersebut perlu ditunjang dengan kemampuan dari sumber daya manusia yang ada saat ini.

Head of Product Development Forest Interactive, Yoseph Wijaya, mengatakan, untuk berkarir di dunia teknologi saat ini, para pekerja setidaknya harus memperhatikan 6 skill agar dapat menyesuaikan dengan laju industri teknologi yang kian cepat.

(Sumber: edukasiempatnol.com)

Pertama adalah Big Data Analytics, yang mengacu pada strategi untuk menganalisis volume data yang besar. 

"Melalui kemampuan ini, seseorang dapat menemukan keunggulan atas pesaing mereka dan membuat keputusan bisnis yang tepat," ujarnya.

Kedua adalah Machine Learning, yakni metode yang dapat membuat program dapat mempelajari data-data hingga sistem tersebut dapat memutuskan output tersebut berdasarkan data-data yang dianalisisnya.

Ketiga ialah mengenai Cloud Computing. Skill ini adalah praktik dalam menggunakan jaringan server dari jarak jauh untuk menyimpan, memproses, dan mengelola data.

(Sumber: idntimes.com)

Keempat, adalah pemanfaatan platform Internet Of Things (IoT), yang memungkinkan seseorang memantau, mengakses, dan mengendalikan perangkat yang terhubung ke internet secara real time

Kemampuan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah Agile Methodology. Sebuah metode manajemen proyek pengembangan software yang menggunakan prinsip jangka pendek yang dapat beradaptasi dalam bentuk perubahan apapun.

Terakhir atau keenam, adalah Computational Thinking Decision Making, yakni pengambilan keputusan atau solusi dari permasalahan kompleks dengan cara menguraikannya menjadi sub-masalah yang lebih kecil.



Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati