Langsung ke konten utama

Penelitian Ini Temukan Hubungan Antara Pendengaran dan Kemampuan Kognitif

(Sumber: pusatalatbantudengar.com)

Penelitian terbaru menemukan hubungan antara gangguan pendengaran dan penurunan kemampuan kognitif. Dilansir dari Daily Mail, peneliti dari Universitas Columbia mengamati 6.451 orang dewasa dengan usia rata-rata 59 tahun. Peserta kemudian menjalani tes pendengaran dan kognitif.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Otolaryngology menemukan, untuk setiap 10 desibel (dB) penurunan pendengaran, ada penurunan signifikan dalam kemampuan kognitif.

Berusaha mendengar menyebabkan otak bekerja secara berbeda, yang diduga menyebabkan struktur organ berubah dan mempercepat penuaan. Orang tuli juga cenderung mengisolasi diri mereka sendiri, yang mengakibatkan otak mereka menjadi kurang terangsang.

(Sumber: pusatalatbantudengar.com)

Studi ini tidak membahas apakah gangguan pendengaran menyebabkan gangguan kognitif. Para peneliti mencatat, ada kemungkinan bahwa penurunan awal pada kedua pendengaran dan kinerja kognitif terkait dengan proses yang berhubungan dengan penuaan umum.

Tetapi para ilmuwan mengatakan, bahwa ketika pendengaran orang mulai memudar, mereka langsung mulai menarik diri dari situasi sosial. Dan, hal tersebut bisa menjadi salah satu pencetusnya.

Penelitian ini tentu membutuhkan penelitan lebih lanjut. Peneliti berharap, penelitian ini dapat mencegah atau mengobati gangguan pendengaran yang dapat mengurangi kejadian demensia. 


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati