Langsung ke konten utama

Presiden Filipina Hina Wakilnya Sendiri: Anda Membahayakan Filipina

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Sumber: armytimes.com)

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte menghina wakil presidennya sendiri dengan menyebutnya "otak udang" pada Selasa (19/11). Pasalnya, Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo, telah mendiskusikan perang narkoba mereka dengan orang luar. 

Menurut Duterte, bocornya informasi ini bisa membahayakan negara.

Orang nomor satu di Filipina itu memarahi sang pemimpin oposisi yang disebutnya telah menginjak ranjau saat bertugas sebagai salah satu kepala satuan tugas anti narkoba.

"Saya tak bisa menempatkannya di kabinet karena mulutnya itu. Tak akan pernah ada jabatan untuknya. Kelakuannya begitu, saya mengangkatnya sungguh tak bisa diteladani," kata Duterte, dilansir dari Asia One.

Sebelumnya, Duterte mengangkat Robredo sebagai "Tsar Narkoba" karena wakilnya itu kerap mengkritik upayanya dalam memberantas. Wanita 54 tahun itu pun menerima tantangannya dan tak peduli akan dipermalukan.

Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo (Sumber: dw.com)

Kemudian, Robredo bertemu banyak pihak dalam upaya pemberantasan narkoba ini, termasuk organisasi kesehatan dan masyarakat, penegak hukum, dan badan anti narkotika. Robredo juga bertemu pejabat Kedutaan Besar Amerika Serikat dan PBB bidang Narkoba dan Kriminalitas. Dari situlah disimpulkan, China merupakan pemasok utama narkoba di Filipina.

Namun, langkahnya dinilai berlebihan. Menurut Duterte, Robredo seharusnya memberi arahan dan bimbingan, bukannya terlibat dalam penegakan hukum.

Robredo dituding berambisi jadi Presiden dan tak seharusnya bisa mengakses rahasia negara. Duterte menegaskan tak akan memecatnya, tetapi ia ingin badan-badan negara memberi informasi yang perlu diketahuinya saja.

"Dia luar biasa, membocorkannya pada kanan dan kiri. Anda baru saja membahayakan Republik Filipina," tandasnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati