Langsung ke konten utama

Jalan Tol Pertama di Kalimantan Diresmikan Presiden

Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat meresmikan beroperasinya Seksi II, III, dan IV Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, di Gerbang Tol Samboja, Balikpapan (17/12) (Sumber: Istimewa/Humas Sekretariat Kabin)

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya pembangunan seksi II, III, dan IV jalan tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Samboja, Balikpapan, Selasa (17/12) siang.

Rencananya, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda bakal terdiri dari 5 seksi. Saat ini yang telah dibangun sebanyak 3 seksi sepanjang 58,7 kilometer dari total 99,3 kilometer. Tersisa 2 seksi lagi yang belum selesai, yaitu seksi I dan seksi V.

"Tadi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga, ini akan diselesaikan nanti insya Allah paling lambat April 2020,” kata Presiden.

Presiden mengatakan, jalan tol yang pertama di Pulau Kalimantan itu diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dam efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang dan logistik.

“Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda, itu memakan waktu kurang lebih 3 jam. 6 jam pulang pergi. Bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini, paling 1 jam atau sampai 1 jam seperempat. Sehingga sekali lagi, kecepatan, efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan,” terang Presiden.

Pangdam tinjau jalan tol Balikpapan-Samarinda (Sumber: gerbangkaltim.com)

Selain itu, menurut Presiden, jalan tol ini akan memperlancar konektivitas antara 2 pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, yakni Kota Samarinda dan Kota Balikpapan, yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis.

Presiden berharap jalan tol Balikpapan-Samarinda itu juga akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan produksi. Seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

Dengan adanya jalan tol itu, Presiden Jokowi meyakini akan mempercepat akses masuk ke wilayah yang sudah diputuskan, yaitu ke kawasan ibu kota negara, yakni di daerah Kalimantan Timur.

“Saya minta agar juga pada 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru sudah mulai disiapkan dan betul-betul tersambung antara jalan tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota, yang kita harapkan menjadi nilai plus. Karena dengan adanya jalan tol ini, tersambung 2 bandara yang berada di Samarinda,” tutur Presiden.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati