Langsung ke konten utama

Tanaman dalam Ruangan Mempunyai Manfaat untuk Psikologismu

(Sumber: dekoruma.com)

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, berinteraksi dengan alam sangat penting untuk menjaga kesejahteraan diri. 

Perlu kamu ketahui, mengelilingi diri dengan jenis tanaman yang tepat dapat membantu mendapatkan berbagai manfaat psikologis. Dilansir dari BoldSky, berikut manfaat tanaman bagi kesehatan mentalmu.

Meredakan stres dan kecemasan

(Sumber: dream.co.id)

Berbagai penelitian telah menyatakan bahwa tanaman dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan serta meningkatkan siklus tidur yang baik. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Kansas State University, terungkap bahwa menambahkan tanaman di kamar, terutama kamar rumah sakit, telah terbukti memiliki dampak positif pada tingkat pemulihan pasien.

Selain itu, menyimpan bunga lavender di kamar dapat membantu meredakan kegelisahan, kegugupan, kecemasan, dan insomnia. 

Dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology, ruang kerja dengan tanaman dapat membantu mengurangi tekanan psikologis.

Meningkatkan mood

(Sumber: orami.co.id)

Tanaman membuat kita bahagia, tidak bisa disangkal lagi. Seperti yang dinyatakan dalam penelitian, tanaman dapat membantumu merasa lebih rileks dan tenang.

Sebuah survei yang dilakukan di 4 rumah sakit San Francisco Bay Area mengungkapkan bahwa saat berinteraksi dengan tanaman, 79% pasien mengatakan mereka merasa lebih rileks dan tenang, 19% merasa lebih positif, dan 25% merasa segar dan lebih kuat.

Tanaman dalam ruangan dengan bunga dapat membantu membangkitkan emosi positif. Pada orang tua, itu telah terbukti meningkatkan memori episodik mereka juga.

Meningkatkan fokus perhatian

(Sumber: Google)

Dikelilingi oleh tanaman dan menyimpan tanaman di kamar telah terbukti meningkatkan rentang perhatian individu, yang dapat membantu konsentrasi dan pembelajaran.

Sebuah studi di The Royal College of Agriculture di Cirencester, Inggris, menegaskan bahwa para siswa, ketika diajarkan di kelas dengan adanya tanaman di sekitar mereka, menunjukkan peningkatan sebanyak 70% dalam tingkat pemahaman dan pembelajaran.

Studi lain menunjukkan bahwa tanaman tampaknya memiliki efek positif pada anak-anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Artinya, ketika dikelilingi oleh tanaman di kamar mereka, anak-anak lebih nyaman dan memiliki rentang perhatian yang lebih baik dibandingkan dengan pengaturan lainnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati