Langsung ke konten utama

Sepak Terjang Sunjaya Purwadi Sastra, Bupati yang Jadi Tersangka KPK

Sunjaya Purwadi Sastra.

Sunjaya Purwadi Sastra, Bupati Cirebon yang baru ditetapkan sebagai kepala daerah terpilih oleh KPU pada Agustus 2018, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK.

Politikus PDIP ini menjadi Bupati Cirebon untuk periode kedua hingga 2023. Pada periode 2014-2019, Sunjaya Purwadisastra yang diusung oleh PDI Perjuangan berpasangan dengan Tasiya Soemadi alias Gotas yang terjerat kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) pada 2009-2012.

Dalam kasus dana bansos yang ditangani Tim Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Cirebon, Sanjaya sama sekali tidak tersentuh hukum. pasalnya hanya Gotas yang mendekam di ruang tahanan admisi orientasi (AO) Lapas Kelas I Cirebon.

Pada saat itu, penangkapan Gotas berdasarkan putusan Mahkamah Agung terkait pemotongan dana bansos, dana hibah dan proposal fiktif 2009-2012 dengan kerugian negara Rp 1,5 miliar. Gotas dihukum kurungan penjara selama 5,5 tahun.

Sekitar tahun 2016, beredar video pernyataan terdakwa perkara korupsi hambalang, Muhammad Nazaruddin, yang menyebut bahwa Bupati Sunjaya Purwadi Sastra menerima aliran dana sebesar Rp 2 miliar.

Tasiya Soemadi (Sumber: Google).

Namun, Sunjaya mengaku tidak merasa menerima aliran dana hasil korupsi pada 2011/2012, seperti yang dituduhkan Nazaruddin. Kini dia diduga terlibat kasus korupsi jual beli jabatan dilingkungan Pemkab Cirebon dalam OTT Tim Satgas Penindakan KPK.

Dalam video yang diunggah pada 18 Juni 2016 dengan berdurasi 3.31 menit, Sunjaya mengatakan, ada 5 laporan di KPK yang dilayangkan masyarakat terkait dugaan keterlibatan dirinya dalam beberapa kasus korupsi.

Sunjaya mengaku sudah mengetahui orang yang melaporkan ke KPK. Namun, tidak disebutkan identitas pelapor dalam video bantahan yang diunggahnya. Terlebih Sunjaya mengaku kenal dekat dengan orang-orang KPK.

Diketahui, Gotas dan Sanjaya memiliki karir politik yang cemerlang di PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon. Gotas sempat menjabat sebagai ketua DPC selama dua periode, yakni dari 2003 hingga 2013.

Selama menjabat sebagai ketua DPD PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Gotas juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Cirebon periode 2004-2009 dan 2009-2013. Dan kini Sanjaya sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon menggantikan Gotas.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati