Langsung ke konten utama

Bisakah Menanam Kopi di Jakarta?



Karena kesuburan tanahnya, Indonesia menjadi salah satu  penghasil kopi terbesar di dunia. Selain itu, beberapa daerah mempunyai banyak topografi alam dataran tinggi, yang membuat tanaman kopi lebih subur dan rasanya lebih nikmat.

Kopi kebanyakan ditanam di daerah pedesaan dengan dataran tinggi. Tapi apakah kopi juga bisa ditanam di perkotaan seperti Jakarta, dengan dataran yang rendah?

Menurut Julnis, Founder Two Man sekaligus seorang roaster, itu bisa.

"Saya nanam kopi di rumah dengan pemberian pupuk dan tanah sendiri, itu udah semenjak 3 tahun lalu, dan sampai sekarang belum ada hasilnya. Memang menanam kopi sendiri kan lama, 3 tahun itu biasanya baru tumbuh bunga," ucapnya.

Tanaman kopi (Sumber: majalah.ottencoffee.co.id)

Di Indonesia, ada 2 jenis kopi yaitu arabica dan robusta yang banyak ditanam petani kopi. Arabica tak bisa ditanam di dataran yang rendah. Tetapi kalau robusta, bisa!

"Jika kopi ditanam di tempat yang tinggi, itu akan membuat kopi lebih enak, lebih banyak variasi rasa yang ditawarkan. Kalau di bawah seperti robusta, tak terlalu banyak. Makanya harga robusta dan arabica lebih mahal arabica. Kalau di rumah, saya tanam robusta," paparnya.

Jadi, kopi robusta bisa ditanam di Jakarta. Tapi dalam proses penanaman, harus dengan tanah yang baik dan pemberian pupuk yang tepat.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati