Langsung ke konten utama

Baru Pada Tahun 2020 Kemungkinan Indonesia Terbebas dari Pendapatan Menengah Bawah

(Sumber: CNN)

Menurut ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Faisal Basri, Indonesia masih berada pada level pendapatan kelas menengah ke bawah (Middle Income Trap). Indonesia masih membutuhkan waktu untuk naik level.

"Kita harus menunggu beberapa tahun lagi untuk naik kelas. Jika tidak ada aral melintang, status sebagai negara berpendapatan menengah bisa kita gapai pada 2020," katanya.

Walaupun demikian, Indonesia masih berada pada deviasi standar sebesar 0,7% dan masuk kategori perekonomian paling stabil. Negara paling tidak stabil adalah Libia dengan deviasi standar 33,8%. Lalu, variabel volatilitas disandingkan dengan pertumbuhan ekonomi (PDB) untuk kurun waktu yang sama.

"Negara yang saya masukkan dalam perhitungan adalah semua anggota ASEAN, semua anggota BRICS, sejumlah negara Emerging Markets yang tak tercakup dalam ASEAN dan BRICS, dan beberapa negara yang tergolong paling stabil yang bukan ketiganya (Australia, Tanzania, dan Bangladesh)," ujarnya.

(Sumber: Google)

Rata-rata pertumbuhan semua negara terpilih adalah 5,1% dan rata-rata deviasi standar adalah 2,3%. Sementara, untuk Indonesia pertumbuhannya di atas rata-rata dan deviasi standar jauh di bawah rata-rata (sangat stabil dan kenyataannya paling stabil).

Namun, dari segi perdapatan per kapita, Indonesia masih relatif rendah. Maka tantangan ke depannya, siapa pun yang terpilih sebagai presiden, harus mampu mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga volatilitas.

"Tentu dengan pertumbuhan yang lebih tinggi akan meningkatkan volatilitas. Namun kita harapkan dalam rentang yang tidak lebar (akselerasi pertumbuhan yang berkelanjutan), sehingga posisi Indonesia bergeser ke kanan dengan kemiringan yang relatif landai. Semoga pola seperti itu beriringan dengan prinsip-prinsip pembangunan inklusif (berkeadilan)," harapnya. 


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati