Langsung ke konten utama

Dalam Dunia Pendidikan, Bukan Hanya Tentang Kurikulum

(Sumber: Google)

Dalam dunia pendidikan pasti selalu berhubungan dengan guru, murid dan sekolah. Banyak yang beranggapan bahwa di balik murid yang sukses, ada seorang guru yang berjasa. Namun, pendidikan itu tak selalu berhubungan dengan pembelajaran saja.

Najelaa Shihab, seorang psikolog dan pendidik, mengatakan kalau pendidikan itu tak hanya tentang kurikulum saja. Tapi, dalam kurikulum yang baik ada kekuatan hubungan.

"Guru, bukan mengajar kurikulum dan mengajar manusia. Saya selalu percaya kekuatan pendidikan itu adalah hubungannya. Karena, minat dan bakat anak beda-beda. Setiap yang dia tumbuh punya konteks yang berbeda," katanya.

Adanya guru yang berkompeten sangat diperlukan oleh siswa.

Najelaa Shihab, psikolog dan pendidik (Sumber: akurat.co)

"Guru yang berkompeten adalah guru yang adaptif. Yakni guru yang punya kemampuan beradaptasi dan berkomunikasi yang baik dengan siswa. Bisa berempati dengan muridnya, bisa mendengarkan murid. Sebetulnya, kalau masuk kelas yang lebih banyak omong itu gurunya, itu tidak relevan dan hanya satu arah," ungkapnya.

Untuk menjadi guru yang berkompeten juga perlu dukungan dari luar. Dukungan tersebut akan membentuk guru yang berkualitas.

"Butuh bantuan dari luar dari non guru. Untuk kemudian menjadi guru yang lebih baik dan untuk menjalankan profesinya dengan baik," pungkasnya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati