Langsung ke konten utama

104 Orang Lulus Uji Kompetensi Capim KPK

(Sumber: kumparan.com)

Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK mengumumkan nama-nama calon Komisioner KPK masa jabatan 2019-2023 yang dinyatakan lulus uji kompetensi.

Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih, mengungkapkan bahwa dari 192 peserta, yang lulus uji kompetensi sebanyak 104 orang.

"Dari 192 orang peserta yang dipanggil mengikuti Uji Kompetensi Calon Pimpinan KPK, yang hadir hanya 187 orang dan yang dinyatakan lulus uji kompetensi sebanyak 104 orang," ungkapnya.

Yenti menyatakan, 104 orang yang lulus tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ia menyebut, dari unsur Polri, yang dinyatakan lulus ada 9 orang; pensiunan Polri 3 orang; hakim 7 orang; mantan hakim 2 orang; jaksa 4 orang; dan pensiunan jaksa 2 orang.

Pansel Capim KPK saat mengumumkan 104 orang yang lolos seleksi dan akan melanjutkan ke tahap berikutnya di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat (Sumber: akurat.co)

Selain itu, yang lulus ada juga dari dosen atau akademisi sebanyak 19 orang; advokat 11 orang; serta unsur KPK 14 orang. Kemudian dari Komisi Kejaksaan dan Kompolnas 3 orang, PNS 10 orang dan pensiunan PNS 3 orang.

Anggota Pansel KPK, Hamdi Moeloek, mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan tahapan seleksi kepada 104 orang tersebut, yakni tes psikologi, pada hari Minggu (28/7).

"Setelah itu dipotong, kita dapatkan orang-orang yang secara kompetensi keilmuan pengetahuan dia mampu. Setelah itu baru kita saring lagi orang-orang yang aspek psikologinya paling mungkin, paling bagus. Misalnya daya analisisnya, ketahanan emosi, stabilitas emosi, orang-orang yang tidak memiliki gangguan psikologi," kata.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati