Langsung ke konten utama

Bahaya Tidur Berlebihan, Bisa Terkena 5 Bahaya Ini. Catat!

(Sumber: jawapos.com)

Beristirahat dengan tidur saat waktu luang seringkali membuat terlena. Banyak pula yang tidur berlebihan. Tahukah kamu, ternyata tidur berlebihan berdampak yang tidak baik untuk tubuh? Berbagai penyakit, juga perubahan bentuk badan dapat terpengaruh karena tidur dengan kuantitas yang berlebihan.

Simak dampak kebanyakan tidur bagi tubuh berikut ini.

1. Ingatan dan konsentrasi menurun

Saat memiliki waktu tidur lebih panjang dari biasanya (normalnya 7-8 jam), kemampuan otak ikut terganggu. Disebutkan dalam Journal of America Geriatrics Society yang berdasarkan sebuah penelitian, tidur panjang yang dilakukan secara terus menerus dapat membuat otak lebih tua 2 tahun. Dampaknya, ingatan dan konsentrasi pun dapat ikut menurun.

2. Lebih cepat menaikkan berat badan

(Sumber: Google)

Berdasarkan sebuah penelitian, terlalu lama tidur juga dapat memicu penambahan berat badan sebanyak 25% meskipun telah melakukan olah fisik dan mengontrol asupan makanan. Dengan waktu tidur yang panjang juga dapat memicu adanya penumpukan lemak.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Menurut sebuah penelitian di Kanada, memiliki waktu tidur yang lama juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan adanya gangguan saat memproses gula di dalam tubuh. Selain itu, tidur berlebihan juga dapat dipicu dari adanya penumpukan lemak dalam tubuh.

4. Dampak terhadap jantung

Kesehatan jantung juga dapat terganggu karena waktu tidur yang lama. Hal ini diketahui dari sebuah penelitian American College of Cardiology pada tahun 2012 yang menyebutkan bahwa adanya kaitan tidur lebih dari 8 jam dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

(Sumber: manjadda.com)


5. Depresi

Memiliki waktu tidur yang panjang juga dapat membuat depresi dan merusak suasana hati. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian pada tahun 2014. Peneliti menyebutkan, pemilik waktu tidur lebih dari 9 jam mengalami gejala depresi sebanyak 49%.

Itulah sederet dampak kesehatan jika memiliki waktu tidur yang panjang. Oleh karena itu, kita harus memiliki waktu tidur yang pas, yakni 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, bukan?


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati