Langsung ke konten utama

Peneliti Kembangkan Alat Berbasis AI untuk Mendeteksi Gambar Palsu

(Sumber: gazettereview.com)

Salah satu dampak buruk dari kemajuan teknologi saat ini adalah pembuatan gambar palsu. Dunia maya bahkan dihebohkan dengan kehadiran DeepFakes yang mampu memanipulasi foto maupun video.

Namun, para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan International Business Machines (IBM) berhasil mengembangkan alat berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) yang mampu mendeteksi gambar palsu. Dilansir dari Ubergizmo (1/7), alat tersebut dinamakan GANpaint Studio.

Dalam proses pembuatan alat ini, para peneliti terkejut menemukan bahwa AI mampu belajar tentang hubungan antar objek. Sebagai contoh, alat ini dapat menunjukkan bahwa sebuah pintu tidak dimaksudkan untuk ditempatkan di langit.

(Sumber: Google)

Jun-Yan Zhu, salah seorang peneliti yang ikut menulis makalah tentang alat ini mengatakan, pengetahuan yang sederhana tentang hubungan antar objek membuatnya berguna untuk membantu mendeteksi gambar yang mungkin palsu.

GANpaint Studio kini tersedia sebagai demo gratis untuk mereka yang mungkin tertarik mencobanya. Peneliti berharap, alat ini juga dapat mengedit klip video, seperti menghilangkan properti yang mengganggu pada adegan film.

Perusahaan lain seperti Adobe juga telah menciptakan alat untuk membantu mendeteksi gambar palsu. Raksasa lain seperti Google juga meluncurkan kursus untuk mengajarkan anak-anak bagaimana cara menemukan hal-hal yang palsu di internet.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati