Langsung ke konten utama

Penangkapan Mantan Menteri Keuangan India Berlangsung Dramatis

Palaniappan Chidambaram (Sumber: theindianwire.com)

Mantan Menteri Keuangan India, Palaniappan Chidambaram, ditangkap otoritas karena dituduh terlibat korupsi dan pencucian uang. Kini ia sedang diselidiki atas tuduhan telah menerima suap agar melancarkan investasi asing saat menjadi Menteri Keuangan.

Dilansir dari NDTV, pria 73 tahun itu ditangkap Biro Investigasi Pusat (CBI) pada hari Rabu (21/8) malam. Proses penangkapannya berlangsung dramatis. Otoritas sampai memanjat tembok agar bisa masuk ke rumahnya.

Awalnya, anggota senior partai oposisi utama tersebut muncul di kantor partainya untuk memberikan konferensi pers. Sementara itu, CBI yang sudah merilis surat penangkapan untuknya. Sayangnya, pria yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri ini sudah meninggalkan tempat itu.

CBI kemudian menyusul ke kediamannya bersama Direktorat Penegakan dan Kepolisian Delhi. Demi meringkusnya, sejumlah petugas sampai memanjat tembok rumahnya usai ditolak masuk lewat gerbang utama. Sementara itu, petugas lainnya masuk lewat gerbang belakang.

(Sumber: mediaindonesia.com)

Setelah satu jam berlalu, pintu bagian dalam rumah dibuka dan CBI bergegas menangkap Chidambaram. Proses penangkapan ini makin dramatis saat para pendukung Chidambaram mengepung mobil yang hendak membawanya ke kantor CBI. Otoritas sampai harus mengerahkan pasukan paramiliter untuk berjaga di luar rumahnya.

Palaniappan Chidambaram dituduh telah menerima suap agar memfasilitasi investasi asing di perusahaan INX Media pada tahun 2007 saat menjabat sebagai Menteri Keuangan. Putranya, Karti Chidambaram, ikut terlibat dalam kasus suap ini.

Chidambaram membantah semua tuduhan terhadapnya. Menurut pengacaranya, pemerintah yang kini dikendalikan Paratai Bharatiya Janta punya dendam politik pada kliennya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati