Langsung ke konten utama

Tips Kesehatan: Mencegah Kanker Otak

(Sumber: doktersehat.com)

Agung Hercules adalah satu dari sederet selebriti yang menderita kanker. Sayangnya, penyakit itu tidak dapat disembuhkan dan merenggut nyawa Agung. Seperti yang kita ketahui, Agung Hercules memiliki tubuh yang atletis dan suka mengonsumsi makanan kaya nutrisi seimbang. Tapi, mengapa ia masih terkena penyakit mematikan tersebut?

Selain gaya hidup sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terserang kanker otak. Dilansir dari Livestrong (2/8), inilah beberapa tips pencegahan kanker otak.

Pertama, hindari paparan dari polusi atau lingkungan tempat tinggal daerah pabrik. Karena bahan kimia dari pabrik dikeluarkan bahannya ke udara. 

Selain itu, menurut American Cancer Association, paparan radiasi terapi ke kepala dianggap sebagai penyebab utama kanker terhadap anak. Anak-anak sebelumnya dirawat dengan radiasi dosis rendah untuk kondisi tertentu yang meningkatkan risiko tumor otak.

(Sumber: okeinfo.net)

The American Cancer Society menambahkan bahwa pengobatan radiasi untuk kanker lain dapat menyebabkan tumor otak, karena radiasi untuk kondisi kecil tidak lagi digunakan pada anak-anak atau orang dewasa.

Kedua, makanlah makanan yang sehat. Sertakan makanan tinggi asam lemak omega-3 seperti ikan dan daging tanpa lemak. Selain itu, sayuran dan buah-buahan yang kaya akan anti oksidan berfungsi mencegah kanker dan sejumlah penyakit lainnya. 

Selain itu juga harus konsumsi vitamin untuk meningkatkan fungsi otak dan tubuh yang sehat. Menurut American Cancer Society, diet tinggi sayuran dan buah-buahan telah berhasil dilakukan dengan pengurangan kanker tertentu.

Ketiga, pentingnya jaga kesehatan tidak hanya berolahraga atau makan sehat. Tapi juga sesekali check up ke dokter. Kunjungi dokter. Check rutin fisik tahunan penting, terutama jika kamu mengalami tanda atau gejala abnormal. Selain itu, dokter dilatih untuk mencari gejala kanker otak.

(Sumber: Google)

National Institute of Neurological Disorders melaporkan bahwa mengidentifikasi tumor otak pada tahap awal adalah penting untuk melawan dan pulih dari kanker otak.

Terakhir, batasi konsumsi alkohol. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, minum berlebihan dan merokok dapat menyebabkan penyakit tertentu yang dapat membuat seseorang berisiko terkena kanker. 

Tumor otak metastik berada di bagian lain dari tubuh dan menyebar ke otak melalui aliran darah. Sebagai contoh, jika seseorang mengembangkan kanker paru-paru karena merokok, kemungkinan kanker itu dapat menyebar dan bekerja ke otak. Minum berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit hati yang juga dapat menyebar ke otak. 

Yuk cegah kanker otak sejak dini. Jaga kesehatan, perbaiki gaya hidup, dan check rutin ke dokter.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati