Langsung ke konten utama

Israel Lakukan Aneksasi, Negara-Negara Arab Kecam Perbuatan Netanyahu

(Sumber: liputanislam.com)

Negara-negara Arab mengecam rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk menganeksasi (pengambilan paksa) bagian lain Tepi Barat termasuk Lembah Yordania dan bagian utara Laut Mati. Kecaman itu disampaikan oleh pejabat-pejabat Yordania, Turki, dan Arab Saudi.

Tanggapan awal disampaikan oleh Diplomat Palestina, Saeb Erekat; yang mengatakan apabila aneksasi dilaksanakan, maka itu akan mengubur harapan terwujudnya perdamaian. Ia menambahkan, langkah Israel itu akan jadi kejahatan perang.

Menteri Luar Negeri Yordania mengatakan, rencana Netanyahu akan memicu eskalasi yang serius dan kerusuhan besar di kawasan Timur Tengah. Sementara, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu; menyatakan bahwa Netanyahu rasis dan kerap melontarkan segala bentuk pesan yang ilegal, menyalahi aturan, dan agresif.

Benjamin Netanyahu (Sumber: cnn.com)

Senada dengan 3 negara lainnya, Arab Saudi mengatakan rencana Israel dapat menimbulkan eskalasi serius. Arab Saudi juga menyeru digelarnya pertemuan antar menteri luar negeri negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Organisasi regional Liga Arab pun turut buka suara dengan menyebut rencana Israel itu sama berbahayanya dengan agresi.

Rencana aneksasi pertama kali disampaikan oleh Perdana Menteri, Benjamin Netanyahu, dalam pidato yang disiarkan televisi.

Perdana menteri yang juga memimpin Partai Likud sayap kanan itu saat ini sedang dalam pemilihan dengan partai oposisi Partai Biru dan Putih. Pemilihan umum akan diadakan Selasa depan.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati