Langsung ke konten utama

Muhammadiyah Desak Pemerintah Naikkan Status Kasus Karhutla

(Sumber: kompas.com)

PP Pemuda Muhammadiyah mendesak pemerintah Indonesia segera mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di berbagai daerah. 

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto alias Cak Nanto, mengatakan bencana asap atas karhutla telah berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Ia meminta pemerintah segera menaikkan status darurat atas peristiwa karhutla itu.

"Menetapkan Status Darurat Bencana Asap Nasional dan mengambil alih penanggulangan bencana asap oleh pemerintah pusat karena pemerintah daerah belum menunjukkan keseriusan dalam merespon bencana asap," kata Cak Nanto.

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto (Sumber: detik.com)

Selain itu, PP Muhammadiyah juga mendesak pemerintah pusat untuk bertindak cepat dengan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi karhutla. Ia menyarankan pemerintah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk  memadamkan titik api di Riau dan Kalimantan Tengah.

Cak Nanto juga mendesak Kapolri dan penegak hukum lainnya untuk mengusut tuntas dan menegakkan hukum seadil-adilnya kepada pelaku pembakaran hutan khususnya di lahan konsesi korporasi.

"Meminta kepada pemerintah daerah untuk tetap meliburkan pendidikan di tingkat pendidikan dasar dan menengah, baik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maupun Kementerian Agama mengingat kualitas udara yang sudah pada tingkat berbahaya," tandas dia.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati