Langsung ke konten utama

Kata Ahli Tentang "Pantangan" Makanan dan Minuman Saat Menstruasi

(Sumber: detik.com)

Saat menstruasi, beberapa orang menjadi sangat memperhatikan makanannya. Ini dilakukan dengan berbagai tujuan, mulai dari meminimalisir rasa nyeri hingga harapan agar menstruasinya menjadi lebih "lancar".

Pertanyaannya, adakah makanan atau minuman yang harus dihindari atau justru penting dikonsumsi saat menstruasi

Dr. dr. Edihan Mardjuki, SpOG, mengatakan tidak ada makanan khusus yang harus dihindari saat menstruasi. Hanya saja, minuman bersoda kerap kali memperburuk rasa kembung, dimana biasanya rasa kembung memang sudah dirasakan ketika premenstrual syndrome.

(Sumber: idntimes.com)

Selain soda, gorengan juga sering disebut-sebut untuk perlu dihindari saat menstruasi. Menurut dokter Edihan, jika gorengan dikaitkan dengan meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh, perlu diketahui bahwa meningkatnya estrogen tidak ada hubungannya dengan rasa nyeri saat menstruasi.

"Makanan yang mengandung estrogen disebut fitoestrogen. Ini biasa ada di kacang kedelai dan sebagainya. Tapi ini hampir tidak berhubungan kalau kita berbicara nyeri saat menstruasi," katanya.

Tak kalah ramai mitosnya, minuman dingin juga perlu dihindari saat menstruasi. Ini dipercaya akan menghambat keluarnya darah. Menanggapi hal itu, dokter Edihan menegaskan bahwa itu adalah mitos.

(Sumber: orami.co.id)

Ia mengatakan, ketika seseorang minum air dingin, begitu air sampai di lambung, maka suhu air tersebut menjadi sama dengan suhu tubuh. Jadi, secara langsung minuman dingin juga tidak memengaruhi kelancaran menstruasi.

Pada intinya, saat menstruasi atau tidak, konsumsilah asupan gizi seimbang yang sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuhmu!


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati