Langsung ke konten utama

Dirut PLN Jadi Tersangka Baru dalam Kasus PLTU Riau-1

(Sumber: Google)

KPK menetapkan Dirut PT. PLN Sofyan Basir sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Penetapan tersebut setelah mencermati sejumlah fakta sidang yang muncul di Pengadilan Tipikor (tindak pidanan korupsi) dan pertimbangan hakim.

"KPK meningkatkan status penanganan perkara penyidikan serta menetapkan SFB (Sofyan Basir) sebagai tersangka," ujar Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang.

Sofyan Basir diduga membantu mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih, dan pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo dalam proyek PLTU Riau-1.

Sofyan Basir (Sumber: Google)

Sebelumnya Sofyan Basir mengklaim penunjukan langsung pelaksana proyek tanpa tender dalam pembangunan proyek Independent Power Producer (IPP) PLTU Riau-1 sudah sesuai aturan. Aturan yang dimaksud, yaitu Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2016 tentang Percepatan Infrastruktur Ketenagalistrikan.

PT. PJB sebagai anak perusahaan PLN berhak memiliki saham perusahaan konsorsium sebesar 51%. Ketentuan itu sesuai Perpres Nomor 4 Tahun 2016 yang memungkinkan PT PLN bermitra dengan perusahaan swasta dengan syarat kepemilikan saham minimal 51%.

"Kalau mulut tambang ini (PLTU Riau-1) dimiliki 51% oleh PLN, maka selain PLN mengetahui harga pembangunan dan sebagainya dari proyek ini, juga PLN mendapatkan deviden dari keuntungan pembangkit itu sendiri," ujar Sofyan.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati