Langsung ke konten utama

KPU: Penghitungan Suara Belum Final

(Sumber: merdeka.com)

KPU menegaskan hasil penghitungan TPS yang dimasukkan atau ditampilkan dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) belum final. Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan, perhitungan saat ini belum mencapai 1%.

"Kalau misalnya berkembang screenshot salah satu paslon, itu yang penting belum hasil final. Bahkan 1% saja belum, untuk kondisi malam ini ya," kata Viryan, Rabu (17/4).

Viryan mengatakan, masyarakat dapat mengikuti perkembangan hasil penghitungan melalui beberapa cara. Seperti melalui hasil penghitungan suara sementara, serta hasil rekapitulasi final berjenjang. 

"Jadi masyarakat mengikuti perkembangan lewat 2 cara. Hasil penghitungan suara yang sifat sementara, sekali lagi sementara sesuai dokumen yang dari bawah bisa diakses di laman pemilu2019.go.id. Tapi hasil final berjalan dari TPS, PPK kabupaten/kota, KPU Provinsi, KPU RI dan ini terbuka," tuturnya.

Viryan Aziz (Sumber: republika.co.id)

Maka Viryan meminta masing-masing pendukung dapat bersama-sama memastikan penghitungan suara di TPS. Serta dapat saling menghargai atas hasil penghitungan suara.

"Masyarakat silakan ini kan masih berlangsung di TPS, silakan nonton bareng penghitungan suara di TPS-TPS. Kita himbau pendukung 01-02 bergandeng tangan di TPS, dan kalau misalnya si A atau si B saling mengakui,"ujarnya.

Viryan juga mengatakan bahwa pemerintah telah memberi ruang semua pemilih untuk menentukan pilihannya. Maka diharapkan agar bisa menghargai siapapun yang menang.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati