Langsung ke konten utama

KPK Kembali Memanggil Menteri Agama Terkait Kasus Suap

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Sumber: Google)

Tim penyidik KPK kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus suap seleksi jabatan lingkungan Kementerian Agama Tahun 2018-2019. Keterangan Lukman dibutuhkan untuk melengkapi berkas tersangka eks Ketum PPP, Romahurmuziy alias Rommy (RMY).

"Hari ini, dijadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagai saksi untuk tersangka RMY terkait tindak pidana korupsi suap seleksi jabatan lingkungan Kementerian Agama Tahun 2018-2019," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Diketahui, Menag sebelumnya juga pernah diperiksa oleh tim penyidik KPK, pada Rabu (8/5). Dalam pemeriksaan tersebut, keterangan Menag dibutuhkan untuk berkas penyidikan tersangka RMY. Hingga saat ini, tim penyidik KPK masih mendalami 4 hal. 

Pertama, mengonfirmasi Lukman terkait penerimaan uang Rp 10 juta dari Haris Hasanuddin sebagai kompensasi atas terpilihnya Haris sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur.

M Romahurmuziy (Sumber: hidayatullah.com)

Kedua, KPK mengonfirmasi Lukman soal temuan uang di laci meja saat penggeledahan di ruang kerja yang bersangkutan. Ketiga, penyidik juga mengonfirmasi keterangan Lukman soal kewenangannya terkait proses seleksi jabatan tinggi di Kementerian Agama.

Keempat, penyidik juga menggali informasi mengenai apakah ada komunikasi atau pertemuan saksi dengan tersangka RMY.

Selain proses penyidikan suap seleksi jabatan di Kemenag, KPK pada Rabu (22/5) kemarin juga telah memintai keterangan Menag dalam proses penyelidikan terkait penyelenggaraan haji.

"Jadi, bukan penyelidikan yang masih terkait dengan pengisian jabatan tetapi ini penyelidikan yang terpisah, yaitu terkait dengan penyelenggaraan haji. Penyelenggaraan haji tentu yang berada atau diselenggarakan saat Menteri Agama yang jadi saksi hari ini masih menjabat," ucap Febri.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati