Langsung ke konten utama

Instagram, Medsos Terburun untuk Kesehatan Mental

(Sumber: aolcdn.com)

Menurut sebuah laporan oleh Royal Society for Public Health di Inggris, Instagram menjadi saluran media sosial terburuk untuk kesehatan mental. Setelah itu, disusul Snapchat yang berada di urutan kedua.

Para peneliti mengevaluasi 1.179 orang yang tinggal di Inggris, antara usia 14 hingga 24 tahun. Mereka ditanya bagaimana Facebook, Instagram, YouTube, Twitter dan Snapchat memberi dampak pada diri mereka.

Hasilnya, platform media sosial juga dinilai berdasarkan dampaknya pada kualitas tidur, kecemasan, depresi, takut ketinggalan (FOMO), kesepian, intimidasi, dan masalah citra tubuh. Laporan ini sebagian besar mencerminkan apa yang dirasakan para peserta setelah melalui umpan foto di semua platform dan dilakukan untuk memahami dampaknya terhadap kesehatan mental seseorang.

(Sumber: photobox.co.uk)

Kenapa Instagram adalah yang terburuk?

Dari 5 situs jejaring sosial ini, platform berbagi foto ini ditemukan telah membuat para pengguna merasakan yang terburuk. Instagram membuat orang merasa tidak aman, terutama wanita dan anak perempuan.

Alasan utama di balik hal yang sama ialah sejumlah filter yang digunakan orang untuk tampil benar-benar 'sempurna'.

Gambar-gambar secara terang-terangan diedit, 'candid' dan 'menjadi sempurna. Ini tentu dapat menanamkan perasaan perbandingan dan keputusasaan yang kuat. Membuat wanita merasa seperti mereka tidak melakukan yang cukup dalam hidup mereka.

(Sumber: habitatindonesia.org)

Bagian yang menyedihkan adalah bahwa orang benar-benar membandingkan diri mereka dengan versi foto, yang dipilih dengan hati-hati, setelah banyak mengambil gambar.

Instagram sebenarnya telah melahirkan praktik penerapan lapisan filter dan mengedit foto sebelum membuatnya online untuk dilihat dunia.

Selain itu, menyaksikan versi kesempurnaan orang lain yang salah dapat menyebabkan tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah. Bahkan secara drastis memengaruhi suasana hati seseorang.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati