Langsung ke konten utama

Ribuan Guru Diberhentikan di Sumatera Utara

(Sumber: starjogja.com)

Sebanyak 1.695 guru diberhentikan di Simalungun, Sumatera Utara.

Melalui surat keputusan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberhentikan guru-guru tersebut karena dianggap memberatkan  daerah.

"Bupati Simalungun sebelumnya sudah berkonsultasi dengan Kemendikbud terkait guru-guru yang belum S1 ini. Karena belum S1, pensiunnya tidak sama dengan guru pada umumnya," kata Muhadjir.

Sebelumnya, Bupati Simalungun melalui SK Nomor 188.45/5929/25.3/2019 tertanggal 26 Juni 2019 memberhentikan sementara 992 guru non sarjana. Tak lama, diberhentikan lagi sebanyak 703 guru tamatan SMA yang merupakan guru SD dan SMP.

"Memang mereka (guru yang diberhentikan) itu memang harus pensiun. Karena mereka diberi kesempatan untuk melanjutkan ke sarjana tapi mereka tidak mau," tambahnya.

Menteri Pendidikan dan Budaya, Muhadjir Effendy (Sumber: republika.co.id)

Muhadjir menjelaskan, kalau guru-guru itu diperpanjang maka akan membebani anggaran daerah.

"Kemendikbud sudah memberikan lampu hijau dan mereka harus mundur. Kami tidak ingin Pemda terbebani dengan para guru yang sudah diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana ini," kata dia.

Dikatakan bahwa selama ini para guru-guru itu dipertahankan karena berjanji akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Akan tetapi kenyataannya bertolak belakang.

Dampak dari terjadinya pemberhentian itu turut mengganggu proses belajar mengajar, karena di sejumlah sekolah tidak ada gurunya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati