Langsung ke konten utama

Menteri Agama Dipanggil Terkait Dugaan Suap Tersangka Rommy

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Sumber: Google)

KPK memanggil Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin sebagai saksi dalam penyidikan kasus suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama pada Rabu (24/4). Menag dijadwalkan diperiksa untuk tersangka anggota DPR RI 2014-2019, Romahurmuziy (Rommy).

"Rabu, 24 April 2019 dijadwalkan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam perkara dugaan suap terkait pengisian jabatan di Kementerian Agama RI," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Selain Menag, KPK juga memanggil 3 saksi lainnya. Pertama, Staf Khusus Menteri Agama, Gugus Joko Waskito; serta 2 Anggota Panitia Pelaksana Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenag pada Sekretariat Jenderal masing-masing. Mereka ialah Aulia Muttaqin dan Muhammad Amin.

Dalam penyidikan kasus itu, KPK juga telah menggeledah ruang kerja Menag di Gedung Kemenag Jakarta pada Senin 18 Maret 2019. KPK menyita uang senilai Rp 180 juta dan 30 ribu dolar AS. Pada Selasa (23/4), KPK juga telah memeriksa 2 pejabat di Kemenag sebagai saksi untuk tersangka Romahurmuziy.

Romahurmuziy (Sumber: harianpijar.com)

Dua pejabat itu adalah Kepala Bagian (Kabag) Mutasi Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenag, Sujoko; dan Kabag Tata Usaha Pimpinan Biro Umum Setjen Kemenag, Khoirul Huda Basyir Habibullah.

"Penyidik mengonfirmasi keterangan saksi terkait proses mutasi di Kementerian Agama serta mengonfirmasi barang bukti berupa surat revisi pengajuan nama Kepala Kantor Agama Gresik," kata Febri.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan 3 tersangka terkait kasus suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI Tahun 2018-2019. Diduga sebagai penerima Muhammad Romahurmuziy.

Sedangkan diduga sebagai pemberi, yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS).

Selain itu, Romahurmuziy saat ini juga masih dibantarkan penahanannya di Rumah Sakit Polri Jakarta Timur karena masih dalam keadaan sakit.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati